Pages

Friday, May 1, 2015

Coenobita clypeatus (Purple Pincer Crab)

Mungkin kalian belum pernah mendengar atau mengetahui kelomang jenis ini....

Yaak... karena kelomang ini tidak ada di Indonesia melainkan di Benua Amerika.




Naah, gambar diatas merupakan gambar-gambar kelomang Coenobita clypeatus. Tidak kalah unik dan menggemaskan bukan??

Coenobita clypeatus  berhabitat di daerah tropis dan subtropis dan dapat ditemukan di Kepulauan Karibia, Florida, dan Bermuda (Kurta 1982).Kelomang tersebut memiliki gaya hidup, makanan, reproduksi dan kebiasaan yang tidak jauh beda dari saudara-saudara lainnya.

Sumber: Google

( Gambar diatas ambil dari mbah Google)
Karakteristik utama dari kelomang ini adalah warna ungu pada capit besarnya serta memiliki batang mata yang besar dan gemuk. Warnanya dari ungu maroon, merah, hingga merah keunguan. Sekilas jenis ini memiliki warna seperti C.brevimanus namun jika diamati lebih dekat dan jeli, mereka berbeda sama sekali.

Mereka memiliki kompetisi dengan semut yang juga sebagai detritus atau pengurai. Kompetisi ini menyebabkan kelomang ini mencari makan di malam hari daripada pada siang hari dimana semut-semut bekerja.

Cangkang Cittarium pica
Sumber: Google
Cangkang yang mereka suka mirip seperti C. perlatus, C. brevimanus yang menyukai cangkang jenis Turbo, dan Cittarium pica. 


Kelomang ini juga ditangkap untuk dijadikan binatang peliharaan, namun penangkapan berlebihan menyebabkan penurunan populasi kelomang ini. Hal ini sudah terjadi di Bermuda dimana pemerintah telah menetapkan peraturan untuk melindungi kelomang jenis ini.


Sayangnya kelomang ini ga ada di Indonesia T_T


Sementara ini, Coenobita clypeatus sudah pernah diimpor ke Indonesia, namun masih mengalami kesulitan dalam pemeliharaannya disini. Saya sendiri belum pernah memelihara jenis ini bahkan melihatnya secara langsung, jadi menjadi suatu kesempatan yang langka untuk bisa melihat dan memelihara jenis ini di Indonesia.


Sumber:


http://www.thecephalopodpage.org/MarineInvertebrateZoology/Coenobitaclypeatus.html

http://alaskahermit.com/information-center/crab-care/shell-guide-coenobita-clypeatus/

Gambar:

http://www.dpchallenge.com/image.php?IMAGE_ID=38222

http://coenobitaspecies.com/

http://www.coralreefphotos.com/caribbean-hermit-crab-coenobita-clypeatus-crabs/

http://www.caneandshells.co.nz/products/sea-shells/medium.html

No comments:

Post a Comment