Pages

Thursday, September 6, 2012

Membuat Crabitat (Dasar)

Mari membuat crabitat! 

Sebenarnya apa itu crabitat? Crabitat adalah terarium yang dikhususkan untuk hewan-hewan yang masih dalam keluarga 
kepiting. Tapi dalam hal ini, crabitat bisa dibilang sebagai tempat memelihara kelomang(dimana kelomang masih merupakan kerabat dari kepiting dan merupakan crustacea).


CrabitatCrab + Habitat

Crab=kepiting 
Habitat = tempat tinggal asli suatu organisme berada

Oke, sudah mengerti kan? Sekarang, gimana cara membuatnya?



1. Tempat atau Wadah
Kelomang bisa memanjat pada dinding kasar

Pertama-tama, kita harus sediakan tempatnya dahulu. Tempatnya bisa berupa ember, baskom, fiberglass, akuarium, semuanya boleh asal dindingnya tidak kasar. 
Dinding yang kasar dapat menjadi akses kelomang untuk memanjat, trus kabur deh....
Kelomang akan mencari cara apapun untuk keluar dari crabitatmu.
SO BE CAREFULL!!!!








2. Media Dasar
Media dasar adalah media untuk melapisi dasar dari tempat crabitat. Biasanya, media untuk kelomang adalah pasir pantai putih, pasir pantai hitam atau campuran tanah (cocopeat atau sabut kelapa, sekam bakar, humus, tanah). Media memiliki fungsi seperti mengeringkan kotoran kelomang, sisa makanan busuk, serta menyerap air yang dapat berfungsi menjaga kelembapan. Namun beberapa komposisi media memiliki kekurangan pula. Hal ini nanti akan dibahas di Sifat komposisi media mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, klik Membuat crabitat : Media Crabitat dan Sifat-Sifat Komposisi Media Kelomang.


3. "Mainan"
Mainan yang dimaksud adalah tempat untuk memanjat bagi kelomang, bukan Pl*ystation ato Cl*sh of Cl*ns. Panjatan bisa digunakan untuk mereka "bermain" serta tidak membuat mereka stress. Untuk lebih jelasnya, klik Membuat Crabitat: Mainan.

4. Wadah Minum dan Makan
Wadah es krim bisa dijadikan wadah minum
Wadah minum yang disediakan harus ada dua yaitu  air tawar dan air laut atau air asin. Wadah minum diberi bebatuan atau akses untuk memudahkan akses masuk keluar dari wadah minum. Tempat makan tetap harus disediakan dan harus mudah diakses kelomang.Untuk lebih jelasnya, klik Membuat Crabitat: Wadah Minum dan Makan.



5. Termometer, Hygrometer, dan Heater
Karena kita di Indonesia, kita tidak diharuskan memiliki keduanya karena suhu dan kelembapan kita sudah sangat cocok untuk memelihara kelomang darat. Untuk lebih jelasnya, klik Membuat Crabitat: Termometer dan Hygrometer.
Untuk lebih lanjut, bisa klik Membuat Crabitat: Termometer, Hygrometer dan Heater.

6. Cangkang Kosong






Mereka sangat sering berganti cangkang atau "pakaiannya" sehingga harus selalu disediakan cangkang kosong untuk mereka ganti. Untuk info lebih lanjut, bisa klik Membuat Crabitat: Cangkang *Coming soon*. 

Gambar dibawah ini merupakan crabitat dengan campuran tanah( cocopeat, tanah buat bangunan, sekam bakar dan humus)
  

















Semoga berguna!!!

2 comments:

  1. bang buuh dikasih air gak atau maksudnya buat berendemna kan abang2 jualna sambil dikasih air genang sediki

    ReplyDelete